Bertahun Berarti

Untuk kalian yang tak pernah dapat mengerti, bahwa berpisah lalu tergantikan begitu menyakitkan. Berpikirlah ketika merasa begitu sakit karena posisi yang tergantikan, lalu bagaimana dengan yang sudah terganti ketika masih bersama? Ini bukan perihal siapa yang paling sakit, siapa yang paling salah atau paling benar. Bukan mengenai pengganti yang lebih baik, yang lebih sempurna atau lebih segalanya, ini hanya tentang siapa yang mampu menghargai keberadaan. Bukan berarti bertahun yang telah dilalui menjadi tidak berarti, setiap yang meninggalkan akan selalu memberi arti, setiap yang pergi pasti memberi sebuah pelajaran.

Untuk apa lagi saling menyalahkan? Ketika digantikan dengan seseorang yang lebih baik, cobalah memahami, apa yang terbaik untukmu tidak akan pernah menggatikanmu, sekalipun dengan yang lebih baik. Dan ketika memang tergantikan, percayalah Tuhan mempersiapkan seseorang yang lebih mampu menghargai sebuah keberadaan. Penerimaan yang baik membuat kita semakin kuat.

Bukan berarti bertahun yang telah dilalui menjadi tidak berarti hanya karena terganti. Hanya saja ada seseorang yang terlalu sering bertegur sapa dengan luka dan air mata, bertemankan dengan kesepian, bersama tapi diisi dengan kekosongan. Terkadang kita hanya perlu berdamai dengan hati untuk dapat menerima. Terlalu kekanak-kanakan untuk saling menyalahkan, hidup tidak serta-merta berakhir ketika dua orang terpisahkan.

Bukan menggantikan, hanya saja masih banyak yang mampu menghargai sebuah keberadaan tanpa harus dipukul dengan kehilangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: